Cara mengecat dinding yang baik dan efisien




 Cara mengecat dinding yang baik dan efisien

Setiap orang pasti pernah mencoba mengecat rumahnya sendiri. meski hasilnya terkadang  kurang memuaskan. Sehingga untuk mendapatkan hasil pengecatan sesuai harapan maka pada akhirnya tetap memakai jasa tukang cat.

Berikut cara mengecat dinding yang baik dan efisien yang bisa dipakai yang tahapannya adalah sebagai berikut:

     
  1. Isolasi Kertas. Tutup bagian-bagian yang tidak akan anda cat dengan isolasi kertas. Untuk mencegah cat tercecer pada bidang tersebut, dan anda tidak perlu buang-buang waktu membersihkan ceceran cat itu.
  2. Ember Cat. Gunakan ember cat yang bersih, mencegah cat dari kontaminasi kotoran dan debu. Penggunaan ember juga membantu anda mengukur banyaknya volume cat yang akan digunakan, sehingga mengurangi sisa cat yang tidak terpakai.
  3. Persiapan Cat. Bersihkan permukaan dindingmyang akan dicat dari debu dan kotoran, jika perlu lakukan pengamplasan supaya cat baru dapat kuat melekat. Jika anda perkirakan akan menggunakan 2 kaleng cat dalam satu bidang, ada baiknya anda campurkan 2 kaleng cat tersebut dalam satu wadah besar. Hal ini mencegah cat menjadi belang, jika anda melakukan pengecatan dari 2 wadah terpisah.
  4. Teknik Pengecatan. Mulailah pengecatan dari sudut bidang, kemudian lanjutkan kebidang tengah. Yang harus diingat adalah lakukan pengecatan dari area yang kering ke area basah yang telah anda cat (bukan sebaliknya).
  5. Arah Pengecatan. Lakukan arah pengecatan dengan arah yang sama, jangan acak. Hal ini membuat hasil cat baik dan rata, juga mengeffisienkan penggunaan cat.
  6. Kuas. Gunakanlah paling tidak 2 jenis kuas. Atau jika anda menggunakan roll cat, gunakanlah paling tidak 2 jenis roll cat. Ukuran yang lebih besar untuk bidang yang besar, dan ukuran kecil untuk bidang sudut.
  7. Roller Cat. Jika anda menggunakan roller cat, ada beberapa jenis ketebalan roller cat dipasaran. Jika roller cat lebih tebal maka area penutupannya lebih luas. Gunakan pula bak cat untuk meratakan volume cat pada roller, agar cat dapat diaplikasikan dengan baik pada bidang.
  8. Penyelesaian. Jika anda telah selesai mengecat, segeralah melepaskan isolasi kertas tadi sebelum cat anda kering. Kemudian biarkan cat anda kering dengan sendirinya.
Tips tambahan:
Perhatikan jenis cat yang akan anda beli. Eksterior atau Interior, Cat eksterior cenderung lebih mahal karena kadar acrylicnya yang tinggi sehingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Demikian juga dengan cat kayu atau cat besi, perhatikan jenisnya. Untuk cat-cat tertentu keringnya cukup lama sehingga sangat beresiko gagal karena tersenggol atau terkena debu.

Yang terakhir, bersihkan peralatan cat yang telah anda pakai. Siapa tahu anda akan menggunakannya kembali, jangan ditunda. Jika cat sudah mengering pada alat anda, akan sulit dibersihkan sehingga terkadang anda harus membeli alat yang baru jika ingin mengecat lagi. Effisiensi tentunya.

Selamat merenovasi.

Mojokerto, 7 September 2015 

Mokhammad Soni

Comments

Popular Posts